Mengenal Beragam Format E-Book

Bisa jadi Anda mendapat kiriman, mengunduh buku elektronik dari tempat lain kemudian buku tersebut tidak dapat dibaca oleh aplikasi atau peranti yang Anda gunakan.
Gombang Nan Cengka | 07 Oktober 2018 15:56 WIB
Ilustrasi buku digital - digitalmediadiet.com

Bisnis.com, JAKARTA — Anda mungkin tidak menyadari bahwa buku digital bisa ditemui dalam beragam format seperti juga musik dan video digital.

Namun, bisa jadi Anda mendapat kiriman, mengunduh buku elektronik dari tempat lain, atau memindahkannya koleksi Anda ke peranti baru. Kemudian, buku tersebut tidak dapat dibaca oleh aplikasi atau peranti yang Anda gunakan. Di sini, pengetahuan tentang berbagai format buku elektronik akan membantu.

Bila Anda membeli buku elektronik dari toko seperti Amazon, Google Play Books, atau Apple iBooks, cukup besar kemungkinan bahwa buku yang Anda beli tersebut dilindungi oleh teknologi Digital Rights Management (DRM). Teknologi ini membuat buku elektornik hanya bisa dibaca oleh aplikasi atau peranti tertentu.

Google Playbook

Baik dengan DRM maupun tidak, buku elektronik yang ada biasanya tersedia dalam salah satu format ini: EPUB, MOBI, AZW, atau PDF.

Anda mungkin menemukan buku juga dalam beberapa format lain yang tidak terlalu terkenal, seperti Plucker atau DJVU. 

EPUB

Ada banyak format buku elektronik, tetapi EPUB adalah satu-satunya format standar dan independen. Banyak format lain yang dibahas di artikel ini dikembangkan oleh vendor buku elektronik atau aplikasi. Jadi, tidak mengherankan EPUB didukung oleh kebanyakan toko buku, aplikasi, dan peranti pembaca buku elektronik.

EPUB antara lain mendukung fitur gambar berwarna dan interaktif, serta video (meskipun mungkin ini belum tentu diadopsi oleh buku yang Anda baca).

Kobo Aura

Bila Anda memiliki atau membeli buku dalam format ini, harap diingat bahwa peranti pembaca buku elektronik yang populer, Amazon Kindle, tidak mendukungnya. Anda perlu mengkonversi ke format yang bisa dibaca Kindle (AZW, MOBI, atau PDF), misalnya dengan aplikasi Calibre.

MOBI

Format MOBI pertama kali dikembangkan oleh Mobipocket, perusahaan penjual buku elektronik dari Perancis. Mobipocket Reader, aplikasi yang digunakan untuk membaca buku format MOBI, pada awalnya populer pada peranti PalmOS, dan karena itu Anda mungkin menemukan berkas buku MOBI dengan ekstensi PRC  (Palm Resource Code).

Pada tahun 2005 Amazon membeli Mobipocket. Format MOBI kemudian menjadi dasar untuk format AZW yang digunakan Amazon. Tidak mengherankan bila MOBI juga didukung oleh peranti Kindle.

AZW

Bila Anda membeli buku elektronik dari Amazon dewasa ini, Anda mengunduhnya dalam format AZW (atau penerusnya, AZW3, AZW4, AZW8). Meskipun format ini sebenarnya milik Amazon, berbagai aplikasi pihak ketiga di Android, iOS, atau komputer pribadi bisa membacanya (tentunya setelah perlindungan DRM dari buku tersebut disingkirkan).

AZW awalnya dikembangkan dari format MOBI, tetapi format terbarunya menambahkan dukungan terhadap huruf dan desain tambahan.

Kindle

PDF

Format PDF sebenarnya tidak dirancang untuk buku elektronik. Hal ini menyebabkan kita masih menemukan berbagai berkas PDF yang tidak nyaman untuk dibaca di peranti elektronik saku. Namun, dengan fitur seperti Reflow, berkas PDF merupakan alternatif lain untuk peranti pembaca buku elektronik. Format PDF didukung oleh berbagai aplikasi dan peranti e-reader, dan karena itu bila Anda memilikinya kemungkinan tidak perlu melakukan konversi lagi.

Tag : tips digital
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top