Kini Penyandang Tuna Rungu Dapat Menikmati Pertunjukan Teater

Perusahaan teknologi asal Jepang Epson berhasil mengembangkan kaca mata berperangkat lunak untuk menampilkan keterangan yang disingkronkan dengan akting para aktor teater.
Aprianus Doni Tolok | 05 Oktober 2018 01:58 WIB
Gedung teater.

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan teknologi asal Jepang Epson berhasil mengembangkan kaca mata berperangkat lunak untuk menampilkan keterangan yang disingkronkan dengan akting para aktor teater.

Kaca mata berjenis augmented reality (AR) ini memang dibuat untuk mereka yang mengalami disabilitas pendengaran atau tuna rungu.

Salah satu penyandang disabilitas yang telah merasakan manfaat kaca mata ini adalah Tim Hardy. Dia yang tuli sebagian, kerap menggunakan senter untuk membaca skrip untuk mengikuti dan memahami alur cerita teater yang ditontonnya

Seperti dikutip dari Reuters, Tim mendapat sepasang kacamata AR yang menampilkan subtitel dalam waktu nyata, akan membuatnya fokus sepenuhnya pada aksi aktor pertunjukkan berjudul “Exit The King” di National Theatre di Soth Bank London, pada Rabu (3/10/2018) lalu.

“Saya biasa mebgikuti alur pertunjukkan dengan menggunakan skrip yang diterangi senter. Namun, dengan subtitel yang tersedia (dari kaca mata ini) membuat perbedaan besar."

Sumber : reuters

Tag : teknologi
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top