Fitur Pro Bikin Smartphone Kian Andal untuk Fotografi

Untuk kegiatan seperti membuat konten foto untuk media sosial, merekam video blogging, dan menangkap momen keseharian, kamera ponsel lebih dari cukup.
Dhiany Nadya Utami | 02 Oktober 2018 08:20 WIB
Displai ponsel Samsung Galaxy Note 9 saat peluncuran di Indonesia pada Kamis, (23//2018) - Bisnis/Dhiany Nadya Utami

Bisnis.com, BINTAN — Fitur kamera ponsel yang semakin lengkap membuatnya ponsel dapat mengambil peran kamera stand alone pada beberapa kondisi. Keringkasan dan kepraktisannya juga membuat kamera ponsel kian digemari sebagai alat untuk mengabadikan momen.

Fotografer dan videografer profesional Kay Moreno mengatakan meskipun belum dapat disebut sebagai pengganti kamera profesional, kini fungsi dan fitur-fitur kamera ponsel semakin canggih dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan fotografi.

Menurutnya untuk pekerjaan profesional, mau tak mau fotografet tetap dituntut menggunakan kamera khusus seperti DSLR dan sebagainya. Akan tetapi, untuk kegiatan seperti membuat konten foto untuk media sosial, merekam video blogging, dan menangkap momen keseharian, kamera ponsel lebih dari cukup.

“Bagaimanapun tidak bisa dibandingkan antara kamera ponsel dan DSLR [misalnya], karena tidak apple to apple,” kata Kay di sela-sela acara Samsung Galaxy Note 9 dan Galaxy Watch Workshop di Bintan, Kepulauan Riau, Senin (1/20/2018).

Dia menyebut, saat ini kamera ponsel telah dapat melakukan beberapa hal-hal yang dahulu hanya bisa dilakukan menggunakan kamera biasa salah satunya karena adanya fitur Pro atau profesional.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengatur sendiri elemen-elemen fotografi sesuai selera dan kebutuhan pengguna. Contohnya mengatur besar bukaan kamera atau aperture, ISO, white balance, hingga mengaur fokus secara manual.

Hal ini berbeda dengan kamera ponsel beberapa tahun silam yang hanya menawarkan mode Auto atau otomatis sehingga pengguna hanya menangkap gambar sesuai dengan pengaturan yang disetel oleh pabrikan ponsel. Kalaupun dapat melakukan setelan tambahan, pengaturan hanya terbatas pada elemen sederhana seperti tingkat kecerahan.

“Enaknya di kamera DSLR itu kan kita bisa ngatur-ngatur sesuai keinginan kita sebagai kreator, siang hari bisa digelapin jadi malam. Sekarang [dengan adanya mode pro] bisa di HP juga,” tambah Kay.

Kecanggihan tersebut, kata Kay, ditambah karakter kamera ponsel yang ringkas dan praktis membuatnya kian digemari oleh pengguna. Apalagi kini tren bermain media sosial makin populer di masyarakat.

“Sekarang [misalnya] ada IG Stories, itu kan bisa langsung kirim [unggah] dari HP. Kayak foto sunset bisa jadi bagus banget [karena menggunakan fitur pro] padahal aslinya biasa aja,” tuturnya.

Tag : smartphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top