Dominan Orang Gunakan Gawai untuk Hindari Interaksi

Kaspersky Lab dalam risetnya menyebutkan peran gawai yang semakin penting bagi masyarakat dengan mendapatkan bahwa gawai digunakan 75% responden untuk mengalihkan perhatian dan menghindari interaksi.
Duwi Setiya Ariyanti | 30 September 2018 07:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Kaspersky Lab dalam risetnya menyebutkan peran gawai yang semakin penting bagi masyarakat dengan mendapatkan bahwa gawai digunakan 75% responden untuk mengalihkan perhatian dan menghindari interaksi.

Dalam keterangan resminya, Sabtu (29/9/2018), disebutkan perangkat yang terhubung ke internet menjadi salah satu siasat 75% responden agar pengguna bisa teralihkan perhatiannya atau cara untuk menghindari interaksi sosial. Perangkat yang terhubung digunakan responden untuk berpura-pura sibuk.

Riset juga menyebutkan 72% responden menggunakan perangkat terhubung saat mereka menghindari kontak mata dengan orang lain. Sementara itu, 46% responden mengaku memakai gawainya untuk menghabiskan waktu.

Menariknya, 34% responden mengakui merasa khawatir bila tak bisa menghibur diri melalui peranti yang terhubung dan 12% khawatir tak bisa mengatasi situasi membosankan tanpa peranti yang terhubung.

Dmitry Aleshin, VP Pemasaran Produk, Kaspersky Lab mengatakan ketergantungan terhadap gawai ini bisa seharusnya bisa membuat pengguna gawai semakin sadar agar peranti dalam keadaan siap dalam kondisi apapun dan terjaga keamanannya.

Dia menyebut terdapat tiga cara agar peranti tetap prima. Pertama, pastikan jaringan yang digunakan aman atau bila ingin mengakses WiFi gratis tak terproteksi, ancaman bisa diminimalisasi melalui saluran terenkripsi untuk memastikan keamanan data pribadi.

Kedua, menggunakan alat pelacak baterai sehingga pengguna bisa memperkirakan daya tahan baterai hingga akhirnya tak bisa diakses. Cara ini pun bisa membuat pengguna agar membawa pengisi daya.

Ketiga, alat pelacak ponsel dan pelindung data dengan fitur kunci jarak jauh serta pemindai lokasi. Hal ini bisa menjadi cara antisipasi dan menanggulangi bila ponsel hilang.

Tag : smartphone
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top