Apple iPhone XS Dapat Review Dingin, Tak Ada yang Baru dan Kemahalan

Model XS memiliki layar 5,8 inci dan dibanderol mulai dari US$999 sementara varian XS Max yang merupalan iPhone terbesar hingga saat ini dengan layar 6,5 inci dilepas ke pasar dengan harga dasar US$1.099.
Dhiany Nadya Utami | 19 September 2018 14:05 WIB
Apple iPhone XS - Apple

Bisnis.com, JAKARTA — Absennya kehadiran fitur baru yang signifikan pada iPhone terbaru berbuntut pada dinginnya sambutan para pengulas terhadap lini ponsel paling mutakhir besutan Apple Inc tersebut. Kendati demikian, tetap ada ulasan positif yang dilayangkan untuk beberapa perbaikan pada fitur-fitur standar iPhone.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (19/9/2018), beberapa pengulas menilai tak ada perbedaan yang mencolok dari seri iPhone XS yang baru diluncurkan, selain ukuran ponsel yang besar dibandingkan dengan model-model sebelumnya.

Pengulas dari situs Wired, Lauren Goode, misalnya, menyebut iPhone sebagai ponsel yang ber-“evolusi,” alih-alih ber-“revolusi” karena minimnya terobosan pada ponsel tersebut.

“Tak ada kesan yang kuat yang timbul saat melihat iPhone terbaru itu, kecuali perasaan kecewa karena harganya sangat mahal,” kata Goode.

Sebenarnya ada beberapa peningkatan yang disematkan Apple pada model ponsel anyarnya itu di antaranya adalah cipset yang lebih canggih yang membuat kinerja fitur pengenalan wajah menjadi lebih mulus.

Apple juga memperbarui sensor gambar dan prosesor di model kali ini, membuatnya memiliki kemampuan fotografi yang makin meningkat.

Selain itu, perubahan lain yang sedikit menonjol adalah hadirnya dukungan SIM ganda, yang selama ini belum pernah ada pada model-model iPhone selama ini.

Tak hanya itu, perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini memasukkan teknologi e-SIM atau SIM elektronik yang sebelumnya hanya ada pada iPad dan AppleWatch.

“Kedua model iPhone XS [dibaca Ten S] ini mengikuti jejak model seri S sebelumnya dengan perbaikan di sektor kamera dan sebagainya. Akan tetapi, selain adanya ‘terobosan’ dual-SIM, tak lagi fitur lain yang baru,” tulis Scott Stein dari CNET.

Adapun sedikit perbedaan lainnya datang dari sektor kapasitas penyimpanan. Kali ini Apple memperluas kapasitas penyimpanan model terbarunya dengan menghadirkan pilihan memori 256 GB dan 512 GB untuk iPhone XS Max.

Sayangnya, menurut para pengulas, hadirnya pilihan kapasitas besar ini hanya membuat harga iPhone kian melambung. Bahkan, mereka menyebut harganya lebih mahal dibandingkan beberapa jenis MacBook yang saat ini ada di pasaran.

“Pada akhirnya ini menjadi ponsel premium dengan label harga yang premium pula,” ungkap pengulas dari TechRadar John McCann.

Suksesor dari iPhone X, yakni iPhone XS dan iPhone XS Max diluncurkan pada 12 September kemarin. Model XS memiliki layar 5,8 inci dan dibanderol mulai dari US$999 sementara varian XS Max yang merupalan iPhone terbesar hingga saat ini dengan layar 6,5 inci dilepas ke pasar dengan harga dasar US$1.099.

Tag : smartphone, iphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top