Apple Bakal Luncurkan Tiga iPhone Terbaru, Ini Contekannya

Apple siap melancarkan gebrakan lebih manis. Tak tanggung-tanggung, raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini bakal sekaligus menelurkan tiga model iPhone terbaru.
Renat Sofie Andriani | 28 Agustus 2018 11:29 WIB
Logo Apple Inc. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Apple siap melancarkan gebrakan lebih manis. Tak tanggung-tanggung, raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini bakal sekaligus menelurkan tiga model iPhone terbaru.

Perusahaan bernilai pasar terbesar di dunia tersebut berencana meluncurkan tiga ponsel baru yang mempertahankan desain layar edge-to-edge, menurut sumber Bloomberg. Ketiganya disebutkan akan memiliki kisaran harga juga fitur dan ukuran lebih luas untuk meningkatkan daya tariknya.

Namun, tidak satupun dari ketiganya akan memiliki desain yang sepenuhnya baru seperti iPhone X tahun lalu atau iPhone 6 pada tahun 2014. Apple merencanakan perubahan yang lebih signifikan untuk tahun depan, ungkap sumber yang sama.

Ketiga ponsel tersebut, yang rencananya akan dirilis pada bulan September, menunjukkan bahwa perusahaan sedang menyesuaikan strateginya.

Alih-alih memikat jutaan pengguna baru iPhone, tujuan Apple belakangan ini adalah menaikkan harga rata-rata secara konstan, seraya memperluas jumlah total angka perangkat aktif untuk mendukung penjualan aksesori dan layanan digital seperti streaming musik dan video.

“IPhone memasuki periode pertumbuhan tahunan 0%-5%, dan hal-hal yang mereka lakukan musim gugur ini akan membuat mereka tetap di jalur itu,” kata Gene Munster, seorang analis veteran Apple dan mitra pengelola Loup Ventures, seperti dikutip Bloomberg,

“Produk paling unggul bagi para investor tetap iPhone karena menjadi pusat hampir semua penawaran Apple seperti Apple Watch, AirPods, dan Apple Music,” tambahya.

Pada awal 2016, perusahaan melaporkan tonggak baru yakni 1 miliar perangkat aktif. Pada awal tahun ini, jumlah itu telah meningkat menjadi 1,3 miliar. Ketiga iPhone baru yang akan dirilis bulan depan memiliki peluang bagus untuk menambah fondasi penting masa depan perusahaan ini.

Akan ada iPhone high-end baru, secara internal dijuluki D33, dengan layar yang berukuran sekitar 6,5 inci secara diagonal, menurut sumber terkait. Ini akan menjadikannya iPhone terbesar sejauh ini dan salah satu ponsel mainstream terbesar di pasar.

Ponsel ini akan tetap memiliki glass back dengan sisi stainless steel dan kamera ganda di bagian belakang. Perbedaan besar pada sisi perangkat lunak adalah kemampuan untuk melihat konten bersebelahan dalam aplikasi seperti Mail dan Calender. Ini akan menjadi ponsel kedua Apple dengan layar dioda pemancar cahaya organik, atau OLED.

“Memiliki layar yang lebih besar selalu merupakan nilai tambah untuk permintaan," kata Munster. Menurutnya, ponsel itu akan membantu Apple meningkatkan harga jual iPhone, yang telah mendukung pertumbuhan pendapatan dalam beberapa kuartal terakhir.

Untuk informasi, harga rata-rata iPhone yang dijual pada kuartal terbaru Apple adalah US$724, naik 19% dari tahun sebelumnya.

Untuk ponsel kedua, Apple merencanakan upgrade iPhone X saat ini dengan layar OLED 5,8 inci, yang secara internal dijuluki D32. Perubahan utama pada iPhone berlayar OLED ini adalah kecepatan pemrosesan dan kamera.

Mungkin ponsel yang memiliki hal paling signifikan adalah ponsel baru dengan harga lebih murah yang diperuntukkan mengganti iPhone 8. Dengan nama kode N84, ponsel ini akan terlihat seperti iPhone X, tetapi termasuk layar berukuran 6,1 inci yang lebih besar, dalam beberapa warna, dan tepi aluminium alih-alih casing stainless steel pada iPhone X. Ponsel ini juga akan memiliki layar LCD yang lebih murah daripada panel OLED untuk menekan biaya.

Ketiganya akan memiliki sistem kontrol berbasis gesture yang diperkenalkan Apple tahun lalu untuk menggantikan tombol home iPhone. Ponsel-ponsel itu juga akan menampilkan Face ID, sistem yang diusung Apple untuk membuka kunci ponsel.

Tag : apple
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top