Review Laptop Dell G3 dan Dell G7: Laptop Gaming Warna Casual

Dell menghadirkan pilihan warna Black, Blue Recon, dan Alphine White untuk G3, sementara G7 menawarkan warna Black dan Alphine White.
Dhiany Nadya Utami | 13 Agustus 2018 14:16 WIB
Tampak depan Dell G3 15 inci - Dell

Bisnis.com, JAKARTA — Bisa dibilang hampir semua produk lini gim dari vendor laptop yang terkenal di pasaran saat ini pasti memiliki varian warna merah menyala berpadu hitam. Perpaduan warna hitam dan merah memang cukup terlihat gahar dan tangguh, cocok dengan karakteristik laptop gim yang punya spesifikasi kelas atas.

Namun, tren ini ternyata diabaikan oleh Dell. Pabrikan asal Amerika Serikat yang mengaku mulai serius menggarap pasar laptop gim ini malah meluncurkan produk dengan warna anti arus utama untuk seri teranyar laptop gim mereka.

Belum lama ini, Dell memperkenalkan seri terbaru laptop gim mereka yakni seri G dan memboyong dua laptop sekaligus: Dell G3 dan Dell G7. Tak ada satupun laptop dari seri yang membidik para pemain gim kasual dan pehobi ini yang mengusung perpaduan hitam dan merah.

Alih-alih, Dell memilih warna biru metalik untuk pelat mereka. Sementara untuk bodi, Dell menghadirkan pilihan warna Black, Blue Recon, dan Alphine White untuk G3, sementara G7 menawarkan warna Black dan Alphine White.

Product Marketing Manager Dell Indonesia William Hartoyo mengatakan Dell sengaja memberi penyegaran untuk varian laptop gim dengan menghadirkan warna yang berbeda dari kebanyakan produk arus utama.

Selain itu, ini juga sebagai strategi untuk menggaet para pengguna non-gamer yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi mumpuni yang berpadu dengan desain elegan khas Dell sehingga produk seri G ini dapat menyasar pasar yang lebih luas.

Dell G3 sendiri merupakan laptop berukuran 15 inci yang diklaim sebagai laptop gim tertipis dari Dell dengan ketebalan 22,7 milimeter. Membuat perangkat satu ini memudahkan pengguna yang suka berpergian tetapi tetap ingin bermain gim.

Secara desain, G3 terlihat elegan dengan eksterior matte dengan 3 pilihan warna. Ada aksen biru di logo Dell di bagian tengah atas. Sementara interiornya dilengkapi papan tik berlatar cahaya biru untuk pengalaman bermain gim yang lebih menyenangkan.

Sebagai penunjang performa, G3 mengusung CPU Intel Core generasi ke-8 dengan pilihan varian i5 atau i7. G3 dilengkapi pula dengan fitur kipas ganda untuk optimalisasi pendinginan saat laptop digunakan.

Kinerja Plus

Varian lainnya, G7, lebih ditujukan bagi pemain gim yang menginginkan kinerja lebih tinggi. G7 juga punya bodi yang sedikit lebih berisi dibandingkan saudaranya yakni 25 milimeter.

Sebagai tambahan, G7 memiliki lubang khusus untuk membuang udara panas dan menjauhkan suara bising dari pengguna melalui bingkai laptop sehingga pengguna tetap bisa bermain gim dengan nyaman tanpa terganggu udara panas dan dapat bermain lebih lama.

Meski sama-sama berukuran 15 inci, G7 menawarkan pilihan prosesor Intel generasi ke-8 varian i5 atau i7 dengan kinerja hingga 6 inti dan memori grafis terdedikasi hingga 6 GB GDDR5.

Pun, G7 memiliki pilihan kartu grafis dengan level lebih tinggi yakni hingga Nvidia Ge Force GTX 1060 dengan teknologi desain Max-Q sementara G3 dilengkapi dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 atau 1050Ti.

Kartu grafis keluaran Nvidia ini memungkinkan pengguna memasang pengaturan gim mereka di level tertinggi tetapi tetap dapat menikmati pengalaman bermain yang jernih serta halus tanpa patah-patah.

Baik G3 maupun G7 memiliki kapasitas memori yang dapat ditingkatkan karena memiliki dua slot memori bertipe SSD. Untuk menambah memori juga cukup mudah. Pengguna hanya perlu membuka satu baut di bawah laptop dan memasukkan perangkat tambahannya.

Untuk konektivitas, desain antena WiFi 2x2yang ada di kedua laptop ini menampilkan kinerja nirkabel yang hebat, sementara fitur peranti lunak SmartByte memprioritaskan gim dan konten video agar dapat tetap berjalan lancar, bahkan saat sedang mengunduh file berukuran besar

Kedua varian Dell seri G ini telah tersedia di pasar Indonesia. G3 dijual mulai dari Rp11.999.000 dan G7 mulai Rp16.000.000. Meski secara harga tak terlalu bersaing, di atas kertas spesifikasi yang ditawarkan G3 dan G7 cukup menjanjikan bagi para gamer pemula.

Pun, warnanya yang anti arus utama bisa jadi suatu daya tarik sendiri yang membedakan mereka dari laptop gim lain yang lebih dulu ada.

Tag : laptop
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top