Dataprint Fokus Pemasaran Daring

Tren digitalisasi yang berkembang pesat memaksa para pemilik produk melakukan inovasi. Strategi pemasaran kini tak semata mengandaklan jalur konvensional, tapi mulai masif menggunakan kanal digital.
Ipak Ayu H Nurcaya | 05 Agustus 2018 07:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Tren digitalisasi yang berkembang pesat memaksa para pemilik produk melakukan inovasi. Strategi pemasaran kini tak semata mengandaklan jalur konvensional, tapi mulai masif menggunakan kanal digital.

Langkah itu juga ditempuh oleh Dataprint. Produsen refill tinta printer tersebut sedang fokus melakukan penetrasi pasar lewat media sosial dan situs sharing video seperti twitter, Instagram, Facebook dan YouTube.

Head of Marketing & Promotion Dataprint Siti Rahmayanti mengatakan selain memungkinkan menjangkau pasar lebih luas, kanal digital memungkinkan perusahaan melakukan upaya awareness dalam arti dapat dimanfaatkan melakukan komunikasi dan edukasi produk langsung ke konsumen.

“Melalui media sosial, konsumen bahkan bisa memberikan kritik dan saran kepada kami secara langsung. Kami juga sering mengadakan promo dan kuis-kuis kepada konsumen. Sedangkan di YouTube menjadi saran edukasi kepada konsumen terhadap produk kami,” katanya melalui siaran pers, Sabtu (4/8/2018).

Siti mengemukakan upaya tersebut berbukti membuat lebih banyak masyarakat peduli, lalu kemudian mengenal dan akhirnya menggunakan produk besutan perusahaannya. Tentu saja berimbas positif pada penjualan produk.

Meski begitu, langkah pendalaman merek melalui strategi tradisional terus dilakukan. Hal ini ditempuh dengan memaksimalkan peran distributor. Langkah ini efektif memangkas jarak antara perusahaan dengan konsumen.

Diakuinya distributor DataPrint kini sudah tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia.

"Konsumen tidak perlu khawatir untuk mencari produk kami karena gampang dicari dan ditemui dimana saja," ujarnya.

Agresivitas Dataprint melakukan penetrasi pasar di jalur konvensioan pada pasar modern dan tradisional maupun lewat jalur anyar secara digital pun membuat merek refill tinta printer miliknya makin dikenal masyarakat.

Hal ini terbukti dengan keberhasilan Dataprint kembali meraih Top Brand Award beberapa waktu lalu. Ini merupakan penghargaan ke-10 yang diraih perusahaan ini secara berturut-turut.

Selain membesut refill tinta printer, Dataprint yang sudah eksis sejak 1992 ini dikenal juga menyediakan varian produk lain seperti berbagai jenis kertas foto dan compatible toner cartridge.

 

Tag : lifestyle
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top