Mengelola Hubungan Pribadi dengan Aplikasi Monica

Monica berguna untuk mencatat perincian dan interaksi dengan keluarga, kawan, dan rekan sekerja dan profesional.
Gombang Nan Cengka | 29 Juli 2018 14:27 WIB
Aplikasi pengelola hubungan pribadi, Monica - monicahq.com

Bisnis.com, JAKARTA — Layanan seperti Facebook pada saat ini telah mempermudah kita untuk “mengingat” hal-hal ini. Namun, tidak semua orang ingin tergabung ke media sosial hanya untuk mengetahui perincian informasi pribadi orang-orang yang dikenalnya.

Aplikasi seperti Monica mungkin akan bisa membantu. Monica disebut sebagai “personal relationship manager” (pengelola hubungan pribadi) yang berguna untuk mencatat perincian dan interaksi dengan keluarga, kawan, dan rekan sekerja dan profesional.

Aplikasi ini tersedia sebagai layanan web (di http://www.monicahq.com) atau bisa pula dipasang sendiri sebagai aplikasi web di peladen (server) yang Anda kelola.

Pembuat Monica juga telah menciptakan aplikasi ponselnya. Namun, pada saat ini, aplikasi ponsel tersebut baru terbatas melihat informasi yang tersimpan di peladen. Oleh karena itu, kita akan memusatkan perhatian pada aplikasi webnya.

 

Mendaftar

Bila Anda ingin mencoba Monica tetapi tidak ingin menginstalnya, Anda bisa mendaftar di URL https://app.monicahq.com/register. Anda akan diminta mendaftar dengan akun surat elektronik. Monica akan mengirimkan surel ke alamat yang Anda berikan untuk verifikasi. Setelah itu Anda bisa masuk log.

Langkah berikutnya adalah menciptakan daftar kontak. Monica sebenarnya menyediakan pilihan untuk mengimpor data dari luar (dari berkas VCF), namun pada saat ini pilihan tersebut tidak tersedia untuk layanan gratis. Bila Anda hanya ingin mencoba Monica tanpa membayar, Anda harus membuat sendiri daftar kontak secara manual.

Untuk pertama kali Anda cukup menambahkan data nama dan gender. Berikutnya Anda bisa memilih untuk menambahkan berbagai informasi lain, seperti hubungan keluarga dan percintaan, nomor kontak, alamat, informasi pekerjaan, dan makanan kesukaan. Anda juga dapat mengunggah foto yang bersangkutan, dan memberikan catatan dan komentar tentang orang tersebut. Masukkan data seperti ini untuk kontak lain yang Anda anggap perlu.

Langkah berikutnya setelah memasukkan data adalah mencatat aktivitas yang Anda lakukan beserta orang-orang yang sudah terdata di dalam aplikasi Monica.

Ada beberapa jenis aktivitas yang bisa dilacak. Anda bisa mencatat setiap panggilan telepon yang Anda lakukan.

 

Ultah

Selain itu, Anda juga bisa mencatat setiap kegiatan lain yang Anda lakukan bersama dan orang-orang lain yang juga terlibat. Anda juga bisa menuliskan hadiah, baik yang diterima maupun diberikan, serta yang masih dalam gagasan.Anda juga bisa mencatat hal-hal yang perlu diingatkan untuk suatu kontak.

Secara bawaan (default), Monica akan mengingatkan Anda hari ulang tahun kontak tersebut (bila Anda memasukkan datanya). Namun Anda mungkin ingin memasukkan peringatan lainnya, seperti hari jadi pernikahan, serta hari penting atau tugas lain. Peringatan ini akan dikirimkan lewat surat elektronik.

Tentunya masih terbuka perbaikan untuk aplikasi ini. Misalnya pada saat ini tidak ada cara untuk mencatat interaksi dan aktivitas ini secara otomatis. Sebagai contoh, pada aplikasi ponsel, Monica bisa saja mencatat setiap panggilan telepon yang Anda buat dan memasukkannya dalam log.

Aplikasi ponsel Monica juga bisa saja digunakan untuk mengimpor data kontak Anda. Sebelum fitur-fitur ini dikembangkan, Anda harus puas memasukkan data secara manual.

Tag : tips digital
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top