Merasakan Sekolah Sihir Lewat Gim Hogwarts Mystery

Pada tahun pertama, Anda harus mencari buku dan tongkat sihir di Diagon Alley, naik kereta api Hogwarts Express, dan tentunya memilih asrama dengan bantuan topi ajaib.
Gombang Nan Cengka | 29 Mei 2018 16:05 WIB
Cuplikan gim Hogwart Mystery - Gombang Nan Cengka

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah permainan ponsel yang diluncurkan pada akhir April lalu mungkin bisa membantu membuat Anda merasakan bagaimana jadinya menjadi siswa Hogwarts, sekolah sihir dari dunia cerita seri Harry Potter.

Pada gim Hogwarts Mystery, Anda menjadi siswa baru yang diterima di sekolah sihir Hogwarts. Seperti pada novel Harry Potter, Anda harus mulai dari awal. Pada tahun pertama, Anda harus mencari buku dan tongkat sihir di Diagon Alley, naik kereta api Hogwarts Express, dan tentunya memilih asrama dengan bantuan topi ajaib.

Namun Anda tidak akan bertemu Harry Potter di sini karena Harry Potter dalam cerita di Hogwarts Mystery ini masih bayi dan baru saja selamat dari serangan tokoh antagonis utama, Voldemort. Namun, Anda akan berinteraksi dengan berbagai tokoh lain yang sudah akrab buat semua penggemar seri Harry Potter seperti Profesor Snape dan Profesor Flitwick. Ada pula tokoh-tokoh lainnya yang juga baru dan diciptakan khusus untuk permainan ini

 

Mulai Sekolah

Ketika pertama kali bermain Anda akan diminta memilih nama dan jenis kelamin. Anda juga bisa menyesuaikan penampilan. Berbeda dengan novelnya, dalam permainan ini Anda bisa menentukan sendiri asrama yang Anda inginkan (saya memilih Ravenclaw). Anda juga akan berkenalan dengan beberapa siswa lain. Beberapa akan menjadi sahabat akrab, tetapi lainnya akan menjadi musuh Anda.

Dalam permainan ini dikisahkan bahwa saudara Anda sebelumnya juga sudah pernah diterima dan bersekolah di Hogwarts, namun kemudian diusir dan menghilang dalam keadaan yang misterius. Beberapa tokoh dalam permainan akan menyebut saudara Anda dengan nada yang berbeda-beda. Para profesor di Hogwarts umumnya ramah, namun seperti juga dalam novelnya, Snape bersikap bermusuhan dan lebih menyukai para siswa dari asramanya yaitu Slytherin.

Tantangan dalam permainan ini adalah mencari tahu apa yang telah terjadi pada saudara Anda. Untuk memecahkan masalah ini, Anda harus menyelesaikan serangkaian misi. Anda harus belajar mantra dan meramu, dan juga belajar naik sapu terbang.

Ketika belajar sihir, Anda akan dihadapkan dengan beberapa gim mini. Beberapa di antaranya cukup mudah (Anda hanya perlu menirukan gerakan tongkat sihir) dan ada pula yang berupa kuis untuk menguji pengetahuan Anda tentang dunia Harry Potter.

 

Tiga Atribut

Seiring dengan keberhasilan Anda belajar, kemampuan Anda akan bertambah. Ada tiga atribut yang mesti ditingkatkan: keberanian (courage), empati (empathy), dan pengetahuan (knowledge). Anda juga harus mengumpulkan barang (item) berupa uang (gold) dan permata (gem), yang diperlukan untuk beberapa misi.

Satu lagi barang yang menjadi kunci adalah energi. Energi ini diperlukan untuk melaksanakan hampir semua kegiatan di permainan ini dan dapat terisi secara otomatis. Namun, Anda hanya memiliki kapasitas energi terbatas padahal kebanyakan tugas mensyaratkan pemakaian energi cukup banyak. Anda bisa membelinya (in-game purchase) untuk mempercepat permainan, dan kalau tidak Anda harus menunggu.

Kurangnya kapasitas energi ini menjadi salah satu hal yang diprotes oleh para pemain. Untungnya Anda bisa menunggu, dan permainan ini akan memberikan notifikasi bila energi Anda sudah penuh.

Bila Anda memasang Hogwarts Mystery dengan niat untuk menghabiskan waktu untuk bermain, Anda mungkin tidak akan suka permainan ini karena masalah kehabisan energi tersebut.  Sejauh ini saya hanya bermain sampai energi habis (hanya makan waktu beberapa menit) dan kemudian keluar untuk mengerjakan hal lain.

Tag : game
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top