Samsung Luncurkan Prosesor Baru Exynos 9810

Samsung Electronics mengumumkan peluncuran aplikasi prosesor premiumnya yakni Exynos 9 seri 9810. Exynos 9810 terdapat pada FinFET generasi kedua berukuran 10 nanometer (nm). Perangkat tersebut menjadikan unit pemrosesan pusat (central processing unit/CPU) generasi ketiga dengan modem gigabit LTE yang lebih cepat, dan pemrosesan gambar canggih berbasis perangkat lunak.
Duwi Setiya Ariyanti | 06 Januari 2018 22:20 WIB
Exynos 9 seri 9810 - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA — Samsung Electronics mengumumkan peluncuran aplikasi prosesor premiumnya yakni Exynos 9 seri 9810.

Exynos 9810 terdapat pada FinFET generasi kedua berukuran 10 nanometer (nm). Perangkat tersebut menjadikan unit pemrosesan pusat (central processing unit/CPU) generasi ketiga dengan modem gigabit LTE yang lebih cepat, dan pemrosesan gambar canggih berbasis perangkat lunak.

Dalam keterangan resminya, Sabtu (6/1/2018), Vice President System LSI Marketing Samsung Electronics Ben Hur mengatakan Exynos terbaru merupakan prosesor ponsel yang paling inovatif dengan perubahan CPU generasi ketiga, modem ultra-fast gigabit LTE san kemampuan pemrosesan gambar yang mumpuni. Dengan sederet kecanggihan itu, tutur Ben, Exynos ini akan menjadi pendorong utama untuk inovasi pada platform pintar seperti ponsel pintar dan komputer pribadi pada era Al yang akan datang.

"Exynos 9810 akan menjadi pendorong utama bagi inovasi pada platform pintar seperti ponsel pintar dan komputer pribadi pada era Al mendatang," katanya.

Dengan manfaat-manfaat dari industri yang paling maju--teknologi 10 nm, Exynos akan menjalankan kemampuan yakni multi-tasking dengan pemuatan atau loading yang lebih cepat juga waktu transisi di antara aplikasi ponsel yang berjalan.

Prosesor memiliki delapan inti atau eight-core baru pada CPU, empat di antaranya merupakan generasi ketiga dengan kecepatan 2,9 gigahertz (GHz), dengan empat inti lainnya yang berfungsi untuk mengoptimasi efisiensi. Dengan rakitan begitu luas pada pipa dan peningkatan cache memory, performa satu inti atau single-core diperkuat dengan dua lipatan dan kinerja multi-core yang naik 40% dibandingkan unit pendahulunya.

Exynos 9810 memperkenalkan fitur canggih untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui syaraf jaringan dan keamanan yang lebih kuat. Teknologi ini juga memberikan ruang bagi prosesor untuk fitur pengenalan akurat terhadap manusia dan barang dalam gambar untuk pencarian cepat atau kategorisasi, atau melalui penginderaan mendalam, pindai wajah pengguna dalam bentuk 3D bagi deteksi wajah hybrid.

Dengan menggunakan baik hardware dan software, deteksi wajah hybrid memungkinkan pencarian wajah yang lebih nyata sekuat keamanannya ketika membuka kunci ponsel menggunakan wajah seseorang. Untuk menambah keamanan, prosesor juga memiliki pengamanan terpisah untuk mengamankan data personal yang penting seperti wajah, iris dan informasi sidik jari.

Modem LTE Exynos 9810 membuat kegiatan penyebaran, broadcast juga streaming video ke resolusi definisi ultra tinggi (ultra high definition/UHD), atau pada format visual 360 derajat. Setelah meluncurkan modem LTE berkecepatan 1,0 gigabit per detik (gigabits per second/Gbps) di tahun lalu, Samsung masih unggul dengan kcepatan 1,2 Gbps pada Exynos terbaru. Saat ini, Exynos dalam tahap produksi masal untuk segera diedarkan.

Tag : samsung
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top