Apple Kembali Digugat Karena Perlambat Kinerja iPhone

Apple Inc. kembali menghadapi gugatan hukum dari konsumennya karena dinilai sengaja memperlambat kinerja iPhone. Terdapat delapan gugatan yang diajukan ke berbagai pengadilan di AS dan seluruhnya mengajukan gugatan class action karena diperkirakan masih ada jutaan pengguna yang mengalami hal serupa.
Newswire | 27 Desember 2017 10:32 WIB
Fitur anti air dan anti debu pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus - apple.com

Bisnis.com, JAKARTA - Apple Inc. kembali menghadapi gugatan hukum dari konsumennya karena dinilai sengaja memperlambat kinerja iPhone.

Dilansir Reuters, Kamis (27/12/2017), terdapat delapan gugatan yang diajukan ke pengadilan di AS. Gugatan itu menyatakan Apple menipu pengguna iPhone karena memperlambat kinerja ponsel mereka tanpa pemberitahuan untuk mengompensasi lemahnya performa baterai.

Kedelapan gugatan tersebut diajukan ke pengadilan di California, New York, dan Illinois. Seluruhnya mengajukan gugatan class action untuk merepresentasikan kemungkinan adanya jutaan pengguna iPhone di AS yang mengalami hal serupa.

Sebuah perkara yang sama juga diajukan ke pengadilan di Israel pada Senin (25/12).

Beberapa gugatan tersebut menyatakan pengguna iPhone sebelumnya menyalahkan prosesor yang menua untuk kerusakan pada sistem dan lambatnya performa. Mereka memilih membeli unit baru ketika sebenarnya masalah tersebut dapat diperbaiki dengan mengganti komponen tertentu, sehingga biayanya lebih murah.

Apple belum memberikan komentar terkait hal ini. Namun, pekan lalu perusahaan asal AS itu mengakui update sistem operasi yang dirilis sejak tahun lalu untuk iPhone 6, iPhone 6s, iPhone SE, dan iPhone 7 mencakup fitur untuk memperlancar suplai daya dari baterai yang dingin, sudah tua, ataupun yang kapasitasnya menurun.

Ponsel yang tidak melakukan update akan mati tiba-tiba untuk mencegah terbakarnya komponen ponsel.

Sumber : Reuters

Tag : apple
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top