Tips Mengambil Foto dan Video dengan Smartphone

Libur Natal dan akhir tahun telah tiba. Selain menyiapkan semua keperluan menjelang liburan, mulai dari tiket perjalanan hingga akomodasi, tak ketinggalan yang penting untuk dibawa adalah smartphone.
Newswire | 21 Desember 2017 15:13 WIB
Model melakukan swafoto dengan ASUS ZenFone 4 Selfie Pro dalam peluncuran di Jakarta, Rabu (25/10). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Libur Natal dan akhir tahun telah tiba. Selain menyiapkan semua keperluan menjelang liburan, mulai dari tiket perjalanan hingga akomodasi, tak ketinggalan yang penting untuk dibawa adalah smartphone.

Di samping fungsi utamanya sebagai alat komunikasi, kini smartphone juga berguna untuk mengambil foto dan video lalu membagikannya di media sosial.

Untuk membuat liburan jadi semakin menyenangkan dan aman, berikut kiat dari Samsung Customer Service agar smartphone jadi teman yang tepat selama perjalanan.

1. Optimalkan baterai

Baterai habis, buyarlah segala rencana perjalanan yang ada. Anda tidak bisa browsing tempat-tempat seru dan juga mengambil foto-foto yang Instagrammable selama liburan. Namun, jangan berkecil hati karena baterai smartphone bisa Anda atur agar lebih awet.

Caranya:

- Kurangi tingkat keterangan layar (brightness level) dan gunakan mode power saving.
- Hindari penggunaan aplikasi yang dapat menyedot daya baterai dengan cepat.
- Pastikan untuk menggunakan kabel data dan charger original.
- Pastikan pengisian ulang baterai kamu lakukan di tempat-tempat dengan kondisi listrik yang stabil. Ketidakstabilan listrik dapat memengaruhi performa baterai dan memperpendek umur baterai.
- Gunakan fitur penghemat daya di smartphone yng dapat ditemukan di bagian Settings.
- Pastikan perangkat fast charging dibawa saat liburan.

2. Jaga kapasitas memori

Merekam momen adalah salah satu aktivitas utama dalam liburan untuk dibagikan langsung dengan keluarga dan kerabat terdekat. Oleh karena itu, penting pula untuk mengatur kapasitas memori dengan:
- Mengatur manual kualitas pixel foto menjadi lebih rendah agar lebih banyak kapasitas penyimpanan yang tersisa.
- Memastikan semua foto dan video disimpan di dalam memory card.
- Aktifkan fitur cloud storage.

3. Lindungi data pribadi

Bayangkan betapa mengesalkan jika kehilangan smartphone saat liburan. Selain kegiatan terganggu, semua data mulai dari nomor telepon, email, foto, hingga data-data penting lainnya
jadi rentan disalahgunakan oleh pihak lain. Namun, Anda dapat meminimalisir risiko dengan memberi password di aplikasi dan data yang penting.

Sumber : Antara

Tag : smartphone
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top