Ini Beberapa Keunggulan Prosesor Anyar Snapdragon 845

Setelah lama dinanti, Qualcomm Technologies akhirnya secara resmi memperkenalkan prosesor terbarunya Snapdragon 845 dengan sejumlah kelebihan dibandingkan dengan generasi sebelumnya Snapdragon 835.
Maftuh Ihsan | 07 Desember 2017 15:57 WIB

Bisnis.com, Maui, Hawaii—Setelah lama dinanti, Qualcomm Technologies akhirnya secara resmi memperkenalkan prosesor terbarunya Snapdragon 845 dengan sejumlah kelebihan dibandingkan dengan generasi sebelumnya Snapdragon 835.

Dalam ajang Snapdragon Technology Summit di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Qualcomm memberikan penjelasan lebih detail tentang keunggulan Snapdragon 845 pada Rabu (6/12/2017) waktu setempat.

Keith Kressin, Senior Vice President, Product Management Qualcomm, menuturkan bahwa Snapdragon 845 memiliki kelebihan di bagian multimedia, artificial intelligence (AI), konektivitas, performa baterai, serta tingkat keamanan.

Dari sisi multimedia, lanjutnya, Snapdragon 845 mampu menghadirkan kualitas video dan foto yang lebih baik, termasuk di dalamnya virtual reality.

“Snapdragon 845 Mobile Platform didesain untuk menghasilkan gambar berkualitas film layar lebar dan mengaburkan batas antara dunia nyata dan virtual,” kata Keith.

Dalam prosesor anyar tersebut, Qualcomm mengintegrasikan Qualcomm Spectra™ 280 image signal processor (ISP) dan Qualcomm® Adreno™ 630 visual processing subsystem.

Snapdragon 845 dapat menangkap 64x lebih banyak informasi warna high-dynamic range untuk merekam video dan playback pada display Ultra HD Premium.

Peningkatan besar dalam informasi warna mencakup kedalaman warna hingga 10 bit untuk lebih dari 1 miliar warna yang dapat ditampilkan ke cakupan warna gamut Rec. 2020 yang lebar di resolusi video 4K/Ultra HD.

Snapdragon 845 adalah platform mobile AI generasi ketiga dari Qualcomm Technologies, yang memberikan 3 kali peningkatan dalam keseluruhan kinerja AI dari SoC generasi sebelumnya.

Dari sisi keamanan, Snapdragon 845 memperkenalkan subsistem yang terisolasi perangkat keras yang disebut secure processing unit (SPU) dan dirancang untuk menambahkan karakteristik serupa lemari besi ke lapisan solusi keamanan Qualcomm Technologies yang telah ada.

Hal itu memungkinkan keamanan biometrik lebih baik yang digunakan untuk proses otentikasi, serta pengelolaan data kunci pengguna atau aplikasi yang digunakan untuk mengenkripsi informasi penting.

Snapdragon 845 juga menghadirkan rangkaian teknologi nirkabel terdepan yang pernah ada di platform mobile, dengan fitur LTE, Wi-Fi, dan Bluetooth terdepan. Snapdragon 845 mengintegrasikan solusi Gigabit LTE generasi kedua dari Qualcomm Technologies - modem LTE Snapdragon X20.

Sementara itu, dari sisi keamanan, arsitektur pengolah kamera dan visual yang baru akan membantu Snapdragon 845 memberikan pengurangan daya hingga 30% untuk aplikasi perekaman video, game dan XR dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Kinerja grafis dan efisiensi daya juga akan meningkat hingga 30% karena Adreno 630 yang baru. Adapun, arsitektur Kryo 385 yang baru, yang dibangun di atas teknologi Arm® Cortex™, akan menghasilkan peningkatan kinerja 25% saat digunakan untuk bermain game, waktu peluncuran aplikasi, dan performa aplikasi intensif dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Tag : qualcomm
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top