Fitur Canggih Keyboard Fisik Blackberry KEYone

Beberapa fitur yang ada yaitu smart keyboard juga dapat diatur sebagai shortcut key menuju aplikasi favorit atau nomor-nomor penting.
Agne Yasa | 23 November 2017 18:04 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Blackberry KEYone resmi hadir di Indonesia secara terbatas. PT BB Merah Putih, sebagai pemegang lisensi gawai Blackberry, memperkenalkan ponsel pintar berbasis Android pertama yang menggunakan keyboard QWERTY ini di Indonesia. 

Vice President Sales Blackberry Merah Putih Stanley Wijaya mengatakan, Blackberry KEYone diperuntukkan bagi pengguna ponsel pintar yang bosan dengan tampilan smartphone yang semuanya layar. 

Blackberry KEYone memberikan pengalaman berbeda ketika penggunanya melakukan browsing, mengetik, dan membaca pesan. 

Hadir dengan desain bingkai alumunium, Blackberry KEYone dilengkapi dengan layar 4,5 inci dengan FULL HD yaitu resolusi 1.620 x 1.080 yang membuat pengalaman melihat tampilan lebih jelas dan lebar serta dilengkapi antigores dari Corning Gorilla Glass.

Layar sentuh dan keyboard fisik khas Blackberry memberikan area yang lebih lebar bagi pengguna saat mengetik pesan atau email dibandingkan dengan smartphone lainnya yang memiliki layar sentuh 5,5 inci. 

"Bahwa yang paling menonjol dari Blackberry KEYone ini adalah keyboard-nya yang dinamakan smart keyboard karena begitu banyak fitur yang ditanamankan di sini, yang pasti kenikmatan mengetik di keyboard fisik ini tiada duanya," katanya, Kamis (23/11/2017).

Beberapa fitur yang ada yaitu smart keyboard juga dapat diatur sebagai shortcut key menuju aplikasi favorit atau nomor-nomor penting. 

Dia menjelaskan KEYone bisa memiliki hingga 52 shortcut, memanfaatkan abjad di keyboard. Misalnya, huruf I bisa digunakan untuk shortcut ke aplikasi Instragram.

Pengguna tinggal mengetuk dua kali dan bisa langsung masuk ke apliksi pilihan. Selain itu, satu abjad bisa dibuat untuk dua shortcut. Keyboard ini juga sudah terintegrasi dengan sistem pemindai sidik jari sebagai akses keamanan yang ditempatkan di tombol spasi. 

"Ini adalah pertama kali di dunia di mana fingerprint dimasukkan ke keyboard, tombolnya bisa diakses di dalam spasinya," katanya. 

Selain itu, navigasi sentuh yang dihadirkan juga mengingatkan pada trackpad di gawai Blackberry. Dengan melakukan swipe memungkinkan untuk memiliki trackpad sekaligus dalam keyboard ini. 

Kapasitas memorinya yaitu 4GB Ram dan 64GB pada memori internal dan merupakan dual SIM hybrid berkoneksi 4G dan 3G. 

Selain keyboard fisik, Blackberry KEYone juga menawarkan fitur keamanan dari Android dan dilengkapi dengan DTEK yaitu fitur andalan dari Blackberry. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengawasi serta meningkatkan kemanan OS dan aplikasi di ponsel pintar mereka dari risiko peretasan maupun pencurian data. 

Lewat sistem operasi Android 7.1 Nougat juga membuat pengguna mengunduh dan mengakses berbagai aplikasi di Google Play. Blackberry Hub juga membuat pesan masuk, email, notifikasi dari media sosial saling terkoneksi. Selain itu, dengan Blackberry Hub pengguna dapat mengatur lebih dari satu akun tanpa mengganti aplikasi. 

Bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, tidak perlu khawatir karena Blackberry KEYone ini diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 2GHz Octacore  dan didukung teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 yang membuat baterai berkapasitas 3505 mAh mampu mengisi ulang daya hingga 50% dalam waktu 36 menit. Sleian itu, fitur Blackberry Boost dapat mengisi ulang secara cepat. 

Untuk kamera, Blackberry KEYone dilengkapi lensa lebar 8MP di kamera depan dan 12 MP dengan auto focus pada kamera belakang dengan ukuran piksel besar serta Phase Detect Auto Focus untuk menghasilkan foto yang jelas dan jernih. Kemudian, fitur fixed focus dan lensa wide angle 84 derajat juga siap mendukung saat melakukan komunikasi visual serta streaming

Blackberry KEYone dijual dengan harga Rp8.999.000. 

Tag : smartphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top