Review Menarik iPhone 8 dari Kolumnis Media di Amerika Serikat

Kolumnis sejumlah media ternama di Amerika Serikat (AS) ramai-ramai memberikan ulasan tentang Apple iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Ada yang menyukainya, ada pula yang tidak.
Renat Sofie Andriani | 20 September 2017 14:29 WIB
iPhone 8 Plus (kiri) dan iPhone 8 (kanan) resmi diluncurkan dalam sebuah acara yang disiarkan secara langsung dari Steve Jobs Theater di Apple Campus, Cupertino, California, Selasa (12/9) pagi waktu setempat atau Rabu (13/9) WIB. - apple.com

Kabar24.com, JAKARTA – Kolumnis sejumlah media ternama di Amerika Serikat (AS) ramai-ramai memberikan ulasan tentang Apple iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Ada yang menyukainya, ada pula yang tidak.

Tapi dalam satu hal, mereka kompak menunjukkan antusiasme lebih besar pada iPhone X dan mengisyaratkan untuk menunggu rilisnya. Dikutip dari laman CNBC, Rabu (20/9/2017), berikut ulasannya:

Geoffrey Fowler, The Wall Street Journal

“Model ini bukanlah jenis upgrade yang anda cari. Meski ada upgrade yang menyenangkan untuk fitur portrait dan augmented reality, perbedaannya tidak cukup menegaskan upgrade dari iPhone 7," katanya.

Menurut Fowler, Apple telah membuat bingung para penggemar iPhone di antaranya melalui tiga model ponsel yang hampir identik yakni, versi reguler dan Plus dari iPhone 8, 7, dan 6s. “Sebaiknya anda tidak membeli yang paling mahal,” tambahnya.

Nilay Patel, The Verge

iPhone 8 menunjukkan desain Apple yang telah tetap bertahan selama empat tahun. Menurut Patel, “pesaing sejati" untuk perangkat Android baru dari Samsung dan LG adalah iPhone X. Pengisian nirkabel iPhone 8 dinilai masih lamban, meskipun Apple akan memperbaikinya dengan software update.

“Saya tidak terlalu terkesan dengan fitur portrait mode dengan kamera baru. Ini adalah iPhone,” simpulnya.

Farhad Manjoo, The New York Time

Menurut Manjoo, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus baru dibayangi kelebihan yang dimiliki iPhone X seharga US$1.000.

“(iPhone) 8s terkesan seperti ‘lagu angsa’ (swan song), yang menggambarkan penampilan atau penyempurnaan akhir sebelum dipensiunkan,” katanya. Meski demikian, ia memuji performa kamera dan daya proses yang cepat dari model ini.

Ed Baig, USA Today

“Ini adalah ponsel yang sangat tepat untuk dibayang-bayangi oleh iPhone X. Ini bukanlah model iPhone dengan fitur paling kaya hasil besutan Apple. Hal itu bisa didapatkan pada iPhone X yang akan diluncurkan bulan November,” kata Baig.

Baig juga menyinggung desainnya yang ‘indah’ dan mengatakan bahwa pengisian nirkabelnya kurang memuaskan walau dirasa nyaman. “Meski dijalankan dengan iOS 11 dan memiliki kamera yang bagus, model ini berada di antara iPhone X dan iPhone bagus lainnya yang lebih murah,” simpulnya.

Matthew Panzarino, TechCrunch

Ulasan yang diberikan Panzarino untuk iPhone 8 terkait dengan kamera. Menurutnya, fitur ini harus menjadi hal yang paling dipertimbangkan.

Ia menyukai penggunaan bahan kaca pada bagian belakang iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, serta beberapa fitur lainnya termasuk kamera. Tapi, seperti halnya Baig, ia mengatakan bahwa iPhone 8 ada di bawah bayang-bayang iPhone X.

“Jika Apple tidak mengumumkan iPhone X saat itu, iPhone 8 akan menjadi pilihan yang mudah dan mendapatkan ulasan yang kira-kira sama dengan yang kita dengar saat peluncuran iPhone 7,” kata Panzarino.

Nicole Nguyen, BuzzFeed

Nguyen memiliki komentar yang serupa dengan kebanyakan pengulas lainnya tentang iPhone 8. “Jujur saja, iPhone 8 seharusnya disebut 7S. Anda bahkan tidak memerlukan iPhone baru untuk mendapatkan manfaat fitur augmented reality yang didukung iOS 11,” katanya.

“iPhone 8 sedikit membosankan untuk diulas. iPhone 8 Plus justru lebih menarik berkat perubahan fitur portrait mode,” tambahnya.

Meskipun memberi kesimpulan yang baik tentanya iPhone 8, Nguyen menyarankan para pengguna Android untuk meninjau Samsung Galaxy S8 atau Note 8, sedangkan para pengguna iPhone mungkin ingin menantikan rilis iPhone X.

Tag : apple, iphone
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top