Andalkan Segmen Komersial, Dell Incar Pertumbuhan Double Digit

Dell menargetkan pertumbuhan penjualan double digit pada 2017 dan akan cukup agresif dengan mengeluarkan produk-produk dengan inovasi teknologi anyar.
Agne Yasa | 27 April 2017 21:32 WIB
Dell memperkenalkan jajaran perangkat komersial yang dilengkapi oleh prosesor Intel Generasi ke-7 terbaru dan Windows 10 Pro, di Jakarta pada Rabu (26/4/2017) - Agne Yasa/Bisnis.

Bisnis.com, JAKARTA -- Pasar produk personal computer (PC) di Indonesia diprediksi terus bertumbuh ke depan. Para produsen PC melihat bahwa ada potensi dari banyaknya permintaan di segmen komersial.

Managing Director Indonesia Dell EMC Catherine Lian mengatakan Dell menargetkan pertumbuhan penjualan double digit pada 2017 dan akan cukup agresif dengan mengeluarkan produk-produk dengan inovasi teknologi anyar.

“Mengacu dari IDC, pasar PC akan bertumbuh dan kami percaya terkait pertumbuhan pasar PC di Indonesia ke depannya,” ujar Catherine di Jakarta, Rabu (27/4/2017).

Dia menambahkan dari pengamatan Dell, tren PC ke depannya akan fokus pada transformasi perangkat.

“Tren di regional pasar Asia juga memiliki kecenderungan yang sama,” ujarnya.

Catherine mengatakan, untuk itu Dell berfokus pada pengembangan dan riset di mana Dell telah mengivestasikan US$12,7 miliar selama 3 tahun.

“Dell meraih US$74 miliar revenue pada tahun fiskal yang berakhir 3 Februari 2017 di 180 negara,” ujarnya.

Sementara itu, Lenovo Indonesia menargetkan pertumbuhan di atas 15% pada 2017 untuk produk personal computer (PC) dengan menyasar segmen korporasi serta bisnis skala kecil dan menengah (SMB) untuk skala penjualan nasional di Indonesia.

Produk PC Lenovo secara global, penjualan mencapai US$45 miliar dan 55.000 pelanggan di 160 lebih negara.

Commercial Director Lenovo Indonesia Cin Cin Go mengatakan Lenovo menargetkan penjualan produk PC di atas pertumbuhan pasar di Indonesia. 

“Berdasarkan data dari market, memang pertumbuhan pasar sekitar 10% hingga 15% dan Lenovo menargetkan penjualan di atas itu,” ujar Cin Cin di Jakarta pada akhir Maret lalu.

Data pasar yang dimiliki Lenovo Indonesia mengungkapkan pertumbuhan pasar PC cenderung datar meskipun tidak juga menunjukkan penurunan yang cukup signifikan.

“Produk PC ini masih memberikan kontribusi terhadap penjualan Lenovo,” ujarnya.

Lenovo mengklaim dari sisi market share, produk PC Lenovo unggul dalam segmentasi SMB dan menempati posisi pertama selama 4 tahun berturut-turut. Kemudian untuk segmen korporasi yang Lenovo sebut sebagai strategic account, Lenovo menduduki posisi kedua.

“Untuk SMB ini memang pangsa pasarnya cukup besar, karena potensi UKM di Indonesia juga besar,” ujarnya.

Kedua segmen market, SMB dan korporasi memiliki porsi yang tidak jauh berbeda terhadap kontribusinya pada penjaulan produk PC Lenovo. Cin Cin mengatakan porsinya hampir sama 50% untuk penjualan produk PC.

Adapun selama ini, pangsa pasar produk PC lenovo telah mencakup secara nasional, mulai dari Jakarta hingga berbagai kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Medan, Yogyakarta, Bandung, dan Makassar.

“Lenovo ingin mencakup berbagai jalur distribusi yang ada dan akan melakukan ekspansi di setiap pulau untuk masuk ke kota besar di Indonesia, karena Lenovo tidak menjual langsung ke user, sehingga menggunakan daya juang partner untuk masuk ke area konsumer. Lenovo juga gencar melakukan edukasi partner,” paparnya.

Tag : dell
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top