Advan IDOS Punya Fitur Anti-Kepo

Jika ada tangan jahil yang salah memasukkan password sebanyak 3 kali IDOS secara diam-diam akan mengambil gambar melalui kamera depan
Sholahuddin Al Ayyubi | 17 April 2017 14:19 WIB
Advan - techno.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Produsen smartphone lokal Advan menyatakan sistem operasi (OS) besutannya yaitu IDOS versi 6.1.2 memiliki banyak keunggulan dibandingkan buatan produsen lain, salah satunya adalah fitur anti-kepo

Tjandra Lianto, Marketing Director Advan mengatakan ada sekitar 4 keunggulan dari sistem operasi IDOS milik Advan tersebut yaitu Security, Smart Management, Power Saving dan Unique Feature. Keempat fitur tersebut sudah dapat digunakan pada smartphone Advan G1.

"‎Dari sisi security, kami ada Anti Theft. Fitur anti-kepo ini dapat melindungi pengguna dari akses orang asing ke ponsel milik pengguna, saat salah memasukkan password sebanyak 3 kali," tuturnya di sela-sela acara peluncuran IDOS di Jakarta, Senin (17/4).

Dia menjelaskan jika ada tangan jahil yang salah memasukkan password sebanyak 3 kali, maka smartphone yang sudah mengadopsi IDOS tersebut secara diam-diam akan mengambil gambar orang tersebut melalui kamera depan, tanpa diketahui siapapun. Fitur ini membuat pengguna dapat mengetahui jika ada orang yang menggunakan ponselnya secara diam-diam.

"Tapi sayangnya fitur mengambil foto secara diam-diam ini belum bisa ‎di-share melalui email atau yang lain. Baru bisa dilihat langsung di smartphone itu," katanya.

Selain itu, sistem keamanan yang dimiliki oleh IDOS dapat melindungi seluruh data pengguna melalui sistem yang terenkripsi.‎ Enkripsi tersebut dapat digunakan untuk melindungi password pengguna pada saat melakukan transaksi atau berbelanja online.

"Ada juga Apps Lock yang dapat digunakan untuk mengunci aplikasi yang tidak diizinkan untuk diakses oleh orang lain," ujar Tjandra.

IDOS atau Indonesia Operating System adalah sistem operasi hasil pengembangan lokal yang digunakan pada ponsel Advan G1.

Sistem operasi yang menggunakan platform Android Marsmallow 6.0 tersebut dikembangkan oleh tim khusus Advan yang saat ini berlokasi di Jakarta dan Semarang.

Tag : smartphone, advan
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top