Samsung Galaxy S8 dan S8+ Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi & Harganya!

Raksasa teknologi asal Korea Selatan resmi meluncurkan perangkat premiumnya yang telah lama digadang-gadang, yakni Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Maret 2017  |  12:47 WIB
Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8

Bisnis.com, JAKARTA - Raksasa teknologi asal Korea Selatan resmi meluncurkan perangkat premiumnya yang telah lama digadang-gadang, yakni Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+.

"Kita tahu tahun ini tahun yang menantang bagi Samsung. Dan, ini awal yang baru yang penting. Hari ini kita di sini untuk merayakan milestone baru, tidak hanya perangkat baru tetapi juga cara baru untuk merasakan dunia," kata DJ Koh, President Mobile Communications Business dalam peluncuran Samsung Galaxy S8 dan S8+ di New York, yang disiarkan secara live-streaming, Selasa.

Acara peluncuran ponsel tersebut dibuka dengan video kelahiran bayi, selanjutnya seorang anak berenang, lalu seorang Ayah bersama anak-anaknya yang membuka ponsel dengan sensor mata, ada pula para siswa yang belajar di kelas dengan menggunakan VR. Video tersebut kemudian ditutup dengan tulisan #DoWhatYouCant.

DJ Koh mengatakan bahwa Galaxy S generasi terbaru itu menjanjikan kemampuan di mana pengguna dapat dapat menangkap setiap momen, membagikan setiap memori dan dapat membantu pekerjaan baik di kantor maupun di rumah. "Perangkat dengan semua hal yang dapat kamu terima untuk merasakan apa yang belum pernah kamu rasakan. Produk yang dapat kamu percaya," ujar DJ Koh.

DJ Koh juga menekankan komitmen Samsung untuk menciptakan produk yang berkualitas dan aman. Selain pemindai sidik jari dan sensor mata, Samsung menghadirkan fitur pengaman baru yaitu face recognition atau pengenal wajah. "Kami melihat sebuah ponsel di luar batasan. Membuka potensi lebih dari yang Anda bayangkan," kata dia.

"Lebih personal, intuitif, terhubung dengan Gear360, terhubung dengan perangkat pintar di rumah, terhubung dengan orang yang Anda cintai, apa pun yang Anda harap sebuah ponsel dapat lakukan. Di luar batas," tambah dia.

SPESIFIKASI & HARGA
Senior Vice President, Product Strategy and Marketing Samsung Electronics America, Justin Denison, mengungkapkap fitur yang dihadirkan dalam Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+.

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ hadir dengan layar yang lebih luas berkat bezel yang lebih tipis. Galaxy S8 tampil dengan layar 5,8 inci, sementara Galaxy S8+ mengusung layar 6,2 inci.

"Bezel-less, memperluas layar tanpa mengorbankan pengalaman genggaman ponsel. Layar lebih luas, lebih banyak yang bisa dilakukan," kata Denison dalam peluncuran Samsung Galaxy S8 dan S8+ di New York, yang disiarkan secara live-streaming, Selasa (29/3).

Denison menjelaskan, Galaxy S generasi terbaru itu dilengkapi fitur multitask sehingga pengguna dapat browsing sekaligus membuka Facebook. Didesain bezel-less, Galaxy S8 dan S8+ memiliki home button yang tidak kelihatan. Perangkat tersebut juga meluncur dalam lima pilihan warna yaitu Midnight Black, Orchid Gray, Coral Blue, Arctic Silver dan Maple Gold.

"Kamera kami didesain untuk mampu menangkap momen favorit. Dengan dual piksel sensor, perangkat tersebut bahkan melangkah lebih jauh untuk menangkap banyak foto," ujar Denison. "Multi frame processor dapat mengurangi noise sehingga Anda dapat menanggap banyak gambar," sambung dia.

Galaxy S8 dan S8+ memiliki kamera deam dengan resolusi 8MP dan kamera belakang Dual Pixel 12MP. Perangkat tersebut juga dibekali sertifikasi IP68 sehingga memungkinkan pengguna mengambil gambar hingga 1,5 meter di bawah permukaan air selama 30 menit.

Untuk performa, Galaxy S8 dan Galaxy S8+ dipersenjatai prosesor 10nm octa-core dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, yang dapat berbeda di setiap negara. Dua perangkat tersebut juga hadir dalam dua model pilihan SIM Card dan memori eksternal. Model pertama memiliki satu Nano SIM Card dan satu slot MicroSD hingga 256MB, sementara model kedua memiliki dua Nano SIM Card dan satu slot MicroSD hingga 256MB.

Galaxy S8 dibekali baterai berkapasitas 3000mAh, sedangkan Galaxy S8+ dibekali baterai dengan kapasitas lebih besar yaitu 3500mAh. "Keamanan baterai telah melewati 8 point baterai safety check, di atas standar keamanan baterai smartphone karena kami memiliki komitmen untuk menghadirkan produk yang aman," ujar Denison.

Masih dalam hal keamanan, selain password, Samsung juga menghadirkan identifikasi biometrik dengan pemindai iris mata dan yang terbaru face recognation atau pengenal wajah. Meski demikian, Samsung masih menghadirkan opsi pemindai jari yang dipindahkan ke bagian belakang karena desain bezel-less.

Galaxy S8 dan Galaxy S8+ juga akan mendukung layanan Samsung Pay. Lebih dari itu, penggunaan Samsung Pay pada perangkat tersebut akan ditunjang dengan Samsung Pass yang memungkinkan pengguna tidak lagi menggunakan pin password tetapi juga fitur pemindai iris mata.

Selain itu, kedua perangkat tersebut juga hadir dengan fitur Samsung Health yang tidak hanya memapu mengukur kalori yang terbuang saat berolahraga, tetapi juga dapat menjadi partner dalam menjaga kesehatan.

Di Korea dan China, Samsung Health terhubung dengan dokter berada di lokasi pengguna secara online. Fitur ini, menurut Denison juga akan dibawa kepada para pengguna secara lebih luas. Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ akan tersedia di Amerika Serikat pada 21 April.

Untuk harganya, Samsung membanderol mulai US$720 untuk S8, dan untuk model lebih tingginya S8 plus dibanderol mulai US$840, mengutip publikasi theverge.

 

Spesifikasi Samsung Galaxy S8

Jaringan

Technology

GSM / HSPA / LTE

  
   
  
Body

Dimensions

148.9 x 68.1 x 8 mm (5.86 x 2.68 x 0.31 in)

Weight

155 g (5.47 oz)

Build

Corning Gorilla Glass 5 back panel

SIM

Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

 

- Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
- IP68 certified - dust/water proof over 1.5 meter and 30 minutes

Layar

Type

Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

Size

5.8 inches (~83.6% screen-to-body ratio)

Resolution

1440 x 2960 pixels (~570 ppi pixel density)

Multitouch

Yes

Protection

Corning Gorilla Glass 5

 

- 3D Touch (home button only)
- Always-on display
- TouchWiz UI

Platform

OS

Android OS, v7.0

Chipset

Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 - US model
Exynos 8895 Octa - EMEA

CPU

Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo) - US model
Octa-core (4x2.3 GHz & 4x1.7 GHz) - EMEA

GPU

Adreno 540 - US model

Memory

Card slot

microSD, up to 256 GB (dedicated slot) - single-SIM model
microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot) - dual-SIM model

Internal

64 GB, 4 GB RAM

Camera

Primary

12 MP, f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash

Features

1/2.5" sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama

Video

2160p@60fps, 1080p@120fps, HDR, dual-video rec.

Secondary

8 MP, f/1.7, autofocus, dual video call, Auto HDR

Sound

Alert types

Vibration; MP3, WAV ringtones

Loudspeaker

Yes, with stereo speakers

3.5mm jack

Yes

 

- 24-bit/192kHz audio
- Active noise cancellation with dedicated mic

Koneksi

WLAN

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth

v5.0, A2DP, LE, aptX

GPS

Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO

NFC

Yes

Radio

No

USB

v3.1, Type-C 1.0 reversible connector

Fitur

Sensors

Iris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2

Messaging

SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM

Browser

HTML5

Java

No

 

- Samsung DeX (desktop experience support)
- Fast battery charging
- Qi/PMA wireless charging (market dependent)
- ANT+ support
- S-Voice natural language commands and dictation
- MP4/DivX/XviD/H.265 player
- MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
- Photo/video editor
- Document editor

Battery

 

Non-removable Li-Ion 3000 mAh battery

  

Misc

Colors

Midnight Black, Orchid Gray, Arctic Silver, Coral Blue, Maple Gold

SAR EU

0.32 W/kg (head)     1.27 W/kg (body)    

Sumber : antara

Tag : samsung galaxy s8
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top