Canva Versi Aplikasi Bertabur Desain Khas Instagram

Sebagian besar dari templat yang ada tidak berbayar alias gratis, tetapi tak sedikit pula yang mengharuskan pengguna untuk membayar poin kredit. Satu poin setara dengan Rp21.000.
Dhiany Nadya Utami | 18 November 2018 15:37 WIB
Tangkapan gambar dari aplikasi Canva - Bisnis/Dhiany Nadya Utami

Bisnis.com, JAKARTA — Sebelum hadir versi aplikasi, Canva sudah lama tersohor sebagai situs web tempat membuat desain instan yang cantik.

Hal yang menyenangkan dari Canva adalah Anda tak perlu khawatir jika merasa memiliki kemampuan desain terbatas karena aplikasi ini memudahkan Anda untuk membuat beragam desain melalui ribuan templat pradesain yang dimilikinya.

Begitu masuk, pengguna diminta untuk mendaftarkan akunnya terlebih dahulu. Selain daftar secara manual, pengguna dapat memilih masuk melalui akun Gmail atau Facebook miliknya.

Setelah terdaftar dan masuk, pengguna akan disuguhi ribuan templat dalam berbagai kategori untuk menjadi dasar desainnya. Berbeda dengan versi web, pilihan yang disuguhkan aplikasi Canva lebih menonjolkan templat untuk media sosial.

Contohnya, kategori paling atas yang ditampilkan adalah templat untuk desain Instagram Story, kemudian ada templat kutipan (quote) berbentuk persegi persis seperti unggahan yang biasa tampil di linimasa Instagram. Ada pula templat untuk Facebook Post, Facebook Cover, Youtube Thumbnail, serta Pinterest Graphic.

Bagi Anda yang sebelumnya mengenal Canva versi web tetap templat kesayangan dalam aplikasi seperti Invitation, Flyer, Card, serta Poster untuk beragam tema masih bisa ditemukan.

Sebagian besar dari templat yang ada tidak berbayar alias gratis, tetapi tak sedikit pula yang mengharuskan pengguna untuk membayar poin kredit. Satu poin setara dengan Rp21.000.

Biasanya templat yang berbayar adalah desain yang mengandung elemen premium misalnya hasil foto berlisensi atau hasil desainer grafis ternama.

Pengguna dapat masuk ke satu kategori sesuai desain yang diinginkannya, misalnya, kategori Instagram Post. Dalam kategori tersebut, pengguna dapat memilih apakah akan menggunakan bidang polos untuk memulai desainnya atau menggunakan salah satu desain yang sudah tersedia untuk kemudian memodifikasinya.

Desain khas Instagram di aplikasi Canva

Dua-duanya memiliki kelebihan tersendiri. Jika menggunakan bidang kosong, pengguna dapat bereksplorasi dengan bebas. Namun, untuk menghemat waktu atau mengambil sedikit inspirasi, templat yang ada dapat menjadi pilihan.

Saat mendesain, ada berbagai tools atau perangkat yang tersedia, misalnya menambahkan teks, gambar, grafis, dan halaman.

Untuk jenis huruf teks, Canva menyediakan lebih dari 100 variasi huruf yang dapat digunakan, mulai dari bergaya retro, klasik, tulilsan tangan, futuristik, tegas, hingga ceria.

Opsi editnya juga cukup lengkap untuk sebuah aplikasi mobile. Selain dapat mengubah jenis tulisan, pengguna juga dapat menyesuaikan tata letak, ukuran, spasi, jarak antar baris, hingga warna tulisan. Pilihan warnanya juga tak terbatas karena dapat langsung dipilih dari palet RGB.

Beragam opsi untuk mengedit gambar di aplikasi Canva

Jika benar-benar buntu atau tak memiliki inspirasi, tak perlu repot mengubah ini dan itu. Pengguna hanya perlu memasukkan detail informasi yang diinginkannya ke dalam templat desain yang ada. Misalnya jika ingin membuat perayaan kecil di kantor, tinggal pilih templat bernuansa pesta kantor dan mengganti keterangan yang ada. 

Setelah selesai dan puas dengan hasilnya, pengguna dapat mengekspor hasil desain tersebut dan dapat pula langsung membagikannya via surel atau media sosial. Adapun salinan digital (softcopy) desain, yang telah dibuat otomatis tersimpan dalam kanal Designs dan dapat diakses serta disunting kembali kapanpun.

Jika membutuhkan kerja sama tim, misalnya harus melalui persetujuan atas sebelum desain final disimpan, pengguna dapat membagikan tautan desain kepada rekannya. Kemudian, rekan yang memiliki akses terhadap tautan tersebut dapat langsung menyunting desain yang diberikan.

Teknologi tampaknya benar-benar membawa segala sesuatu ke genggaman kita, termasuk soal desain-mendesain. Tak hanya cocok bagi pengguna yang kerap membutuhkan desain cepat, Canva juga pas bagi orang-orang kreatif yang membutuhkan media ringkas.

Tag : tips digital
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top