Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S9, Lebih Murah dari iPhone X

Samsung S9 dan S9 Plus mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 845 serta prosesor Exynos terbaru untuk beberapa wilayah.
Dhiany Nadya Utami | 26 Februari 2018 06:04 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Sesuai prediksi banyak pihak, ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 menjadi pilihan Samsung untuk meluncurkan dua ponsel pintar teranyarnya, Samsung S9 dan Samsung S9+.

Dua ponsel ini resmi diperkenalkan pada hari pembukaan gelaran MWC 2018 di Barcelona, Spanyol, Minggu (25/2/2018) pukul 18.00 waktu setempat atau sekitar pukul 00.00 WIB.

President Head of IT and Mobile Communication Division Samsung DJ Koh menyatakan Samsung S9 dan S9+ merupakan ponsel pintar dengan teknologi termutakhir yang diciptakan.

Namun, mengingat banyaknya bocoran yang ada jelang peluncuran resmi dilakukan, pengumuman spesifikasi kedua ponsel ini menjadi tidak terlalu mengejutkan.

Seperti gambar yang beredar sebelumnya, Samsung S9 dan Samsung S9+ memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dengan pendahulunya, Samsung S8, dengan sisi lengkung dan material kaca di bagian depan dan belakang. Meski begitu, kedua ponsel pintar terbaru ini memiliki panjang yang agak berbeda dan sedikit lebih berat dibandingkan dengan S8.

Duo Samsung ini memiliki bodi ber-bezel tipis yang berukuran 5,8 inci dan 6,2 inci ini dibekali layar Super AMOLED 2.960 x 1.440 piksel dengan aspek rasio 18:5:9 yang disebut Samsung sebagai Infinity Display.

Pada tampak belakang, Samsung memindahkan pemindai sidik jari yang semula terletak di samping kamera ke bawah untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya. 

Untuk dapur pacu, Samsung S9 dan S9 Plus mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 845 serta prosesor Exynos terbaru untuk beberapa wilayah. Disematkan pula RAM 4GB untuk S9 dan 6GB untuk S9 Plus dan kapasitas memori 64GB serta slot microSD untuk memori tambahan.

Dari sisi baterai tidak terlalu istimewa. Samsung S9 memiliki daya 3.000 mAh sedangkan S9 Plus diberi kapasitas sedikit lebih besar yakni 3.500 mAh. Keduanya sama-sama didukung oleh fitur fast wired dan fast wireless charging.

Kemudian, seperti tagline yang diusungnya yakni “The Camera. Reimagined.” Kamera kedua ponsel ini diklaim memiliki fitur-fitur terdepan.

Samsung S9 diberikan kamera tunggal 12 MP sementara S9 Plus memiliki dwi-kamera yaitu kamera telephoto dan kamera wide angle yang sama-sama berkekuatan 12 megapiksel yang dapat memberikan efek bokeh.

Baik kamera S9 maupun S9 Plus memiliki kemampuan pengaturan bukaan kamera  mekanis yang bisa diatur manual mulai dari bukaan terang f/1.5 hingga yang amat rendah mencapai f/2.4.

Kemampuan ini membuat Samsung S9 dan S9 Plus mampu mengambil foto yang optimal pada siang dan malam hari, bahkan saat keadaan cahaya amat rendah. Kamera kedua ponsel ini juga mempunyai fitur Super Slow-mo untuk membuat video slow motion hingga 960 frame per detik.

Untuk kamera depan, keduanya disematkan kamera yang sama dengan Samsung S8 yakni kamera 8 megapiksel. Bedanya, Samsung S9 dan S9 Plus dilengkapi dengan pemindai iris mata untuk detail foto yang lebih baik.

Samsung S9 dan S9 Plus memiliki 4 varian warna yaitu hitam, abu-abu, biru, dan ungu. Kedua ponsel ini akan tersedia di pasaran pada 16 Maret mendatang namun dapat dibeli secara pra-order mulai 27 Februari di situs resmi Samsung.

Untuk harga, Samsung S9 dan S9 Plus disebut akan dilepas ke pasaran dengan harga US$719.99 atau Rp9,83 juta untuk Galaxy S9 sementara S9 Plus dihargai US$839.99 atau Rp11,47 juta.

Tag : smartphone
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top