Ini yang Harus Diperhatikan Kalau Mau Beli Smartphone Gaming

Sejak produsen teknologi mulai meluncurkan produk smartphone dengan spesifikasi serba canggih, kini para pengguna smartphone tidak hanya bisa menggunakan perangkat tersebut untuk berkomunikasi semata.
MediaDigital | 23 Februari 2018 14:42 WIB

Sejak produsen teknologi mulai meluncurkan produk smartphone dengan spesifikasi serba canggih, kini para pengguna smartphone tidak hanya bisa menggunakan perangkat tersebut untuk berkomunikasi semata. Segala hal mulai dari pendukung aktivitas harian hingga hiburan bisa dilakukan melalui sebuah smartphone. Begitu pula dengan bermain game. Jika dulu gaming identik dengan bermain game di PC atau konsol game, saat ini kita sudah memasuki era mobile game, dimana gaming melalui smartphone sudah menjadi hal umum yang dilakukan.

Namun, tak semua smartphone cocok untuk digunakan bermain game, apalagi game-game berat yang membutuhkan kinerja tinggi. Untuk kamu yang berencana membeli smartphone untuk bermain game, sebaiknya simak dulu beberapa hal dalam memilih smartphone gaming di bawah ini. 

  1. Sistem operasi

Terdapat beberapa sistem operasi yang digunakan oleh produsen smartphone, misalnya iOS, Android, Blackberry, dan masih ada beberapa lainnya. Untuk kamu yang gemar bermain game, Android dan iOS merupakan pilihan terbaik. iOS unggul karena banyak game-game baru yang lebih dulu muncul di sana sebelum di sistem operasi lainnya. Sedangkan jika kamu memilih Android, maka kamu bisa dengan mudah menginstal game berbayar secara gratis. 

  1. Dapur pacu

Jika bicara soal dapur pacu, mungkin yang terlintas dalam pikiran kita hanya seputar besaran RAM. Namun khusus smartphone gaming, kamu juga harus memperhatikan jenis prosesor (CPU), pengolah grafis (GPU), dan kecepatan prosesornya. Memang semakin besar RAM dan prosesor, maka semakin seru juga pengalaman bermain game yang akan didapatkan. Namun GPU juga punya peran besar dalam menentukan kenyamananmu bermain game

Sebab, GPU bertugas untuk mengolah efek-efek game, Selain membuat permainan semakin mulus, kamu juga bisa menikmati game yang penuh efek berkat GPU yang bagus. Pilih smartphone dengan RAM minimal 4 GB, prosesor minimal Snapdragon 625, dan GPU yang menggunakan Adreno kepala 3, PowerSGX seri 54x atau SoC Tegra 3. Namun jika kamu mau bermain game dengan grafis berat, carilah smartphone berprosesor minimal Snapdragon 821atau Snapdragon 820. 

  1. Jumlah core 

Semakin banyak jumlah core, belum tentu performa smartphone juga semakin cepat. Memang, core memiliki pengaruh, namun prosesor dan chipset lah yang memberi pengaruh besar dalam hal kecepatan. Misalnya prosesor yang disematkan pada Apple iPhone 6S, meski hanya mengandalkan prosesor dual core, performa iPhone 6s mampu mengimbangi smartphone Android dengan chipset 4 core hingga 8 core

  1. Layar 

Pengalaman bermain game tentu akan lebih memuaskan jika visual grafisnya tampil maksimal. Untuk menikmati grafis yang memukau, cari smartphone dengan resolusi layar yang tinggi mulai dari 1080p ke atas. Pilih juga smartphone dengan layar Super Amoled yang mampu memberikan warna dengan tingkat kecocokan warna asli hingga 90%. Hingga saat ini, layar Super Amoled merupakan display warna yang tertinggi.

Ukuran layar juga tak boleh luput dari pertimbangan kamu. Smartphone terbaik untuk bermain game idealnya mengusung layar 5,2 inci. Dengan bidang layar yang luas, kamu bisa dengan leluasa mengontrol game yang dimainkan. Apalagi jika game tersebut harus dimainkan dengan dua tangan seperti Mobile Legend. 

  1. Memori internal

 Jika RAM merupakan tempat dimana game kamu akan disimpan sementara untuk diakses oleh prosesor dan GPU, memori internal berguna untuk menyimpan data game secara permanen. Percuma jika kamu memiliki smartphone dengan RAM besar, namun jumlah memori internalnya hanya sedikit. Idealnya, smartphone gaming harus dibekali memori internal minimal sebesar 32 GB dengan tambahan memori eksternal untuk menyimpan data lainnya. 

  1. Baterai

Bukan hanya soal kecanggihan teknologi, kapasitas baterai juga sangat berpengaruh pada kenyamananmu ketika bermain game. Sebab, semakin besar kapasitas baterai smartphone, maka semakin leluasa kamu dalam bermain game tanpa harus khawatir kehabisan baterai di tengah permainan. Smartphone dengan daya baterai 4.000 mAh bisa jadi pilihan tepat untuk bermain game. Selain itu, jangan lupa untuk memilih smartphone yang bisa mengisi daya baterai dengan cepat. 

7. Fitur pendukung

Bagi beberapa orang, notifikasi yang muncul saat bermain game akan sangat mengganggu jalannya permainan. Bahkan tak jarang notifikasi tersebut menyebabkan kekalahan. Beberapa produsen smartphone telah memberi solusi akan masalah ini dan memberi fitur khusus untuk bermain game, seperti notifikasi yang dihentikan selama kamu bermain game, sehingga tidak ada lagi gangguan.

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan dan pertimbangkan sebelum membeli smartphone gaming. Kesimpulannya, dapur pacu harus bertenaga, memori internal dan RAM harus luas untuk instal banyak game dan berjalan dengan mulus. Beberapa daftar smartphone gaming keluaran terbaru yang bisa jadi pilihanmu misalnya seperti OnePlus 5, Samsung C9 Pro, Samsung Galaxy S8, atau Xiaomi Mi 6.

Jika ingin memiliki smartphone gaming tersebut, kamu bisa mempertimbangkan fasilitas kredit HP online tanpa kartu kredit melalui Kredivo dan menyimpan tabungan atau uang tunai untuk keperluan lainnya yang lebih mendesak. Lebih dari 150 merchant online ternama telah menjadi mitra Kredivo, 5 di antaranya adalah Bukalapak, Lazada, Blibli, Shopee, dan JD.ID.

Selain tanpa kartu kredit, fasilitas kredit HP online yang ditawarkan Kredivo juga tidak membebankan uang muka, biaya admin, dan juga biaya tahunan. Kredit HP online akan jadi lebih ringan karena kamu hanya perlu membayar bunga yang rendah yaitu 2,95% untuk cicilan dengan pilihan tenor 3, 6, atau 12 bulan. Untuk bisa menikmati fasilitas kredit HP online dengan cicilan, pastikan smartphone gaming yang ingin dibeli di merchant rekanan Kredivo memiliki harga Rp 1,5 juta ke atas. 

Jika harganya kurang dari Rp 1,5 juta, kamu bisa manfaatkan opsi “Bayar dalam 30 hari” dengan bunga 0%. Dengan menggunakan Kredivo sebagai metode pembayaran saat kredit HP online, kamu tak perlu khawatir akan kualitas barang yang dibeli. Sebab, kamu bisa mengecek kelengkapan dan kualitas barang, jika barang tidak sesuai deskripsi atau terdapat cacat, kamu bisa langsung mengembalikan atau menukarnya kepada penjual sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Jadi, smartphone gaming mana yang  sudah kamu incar?

Tag : kredivo
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top