Bisnis Indonesia - bisnis.com
Jum'at, 30 September 2016

Komputer Jinjing Chromebook, Kini Dengan Aplikasi Android

Gombang Nan Cengka Jum'at, 23/09/2016 20:40 WIB
Komputer jinjing Chromebook, kini dengan aplikasi Android
Google Play Store pada ChromeOS
Google

Bisnis.com, JAKARTA--Setelah lama ditunggu-tunggu akhirnya Google mulai menyediakan aplikasi Android untuk sistem operasi ChromeOS versi stabil.

Untuk pertama kali aplikasi Android untuk ChromeOS ini hanya tersedia pada dua model komputer jinjing, Asus Chromebook Flip dan Acer Chromebook R11. Google Play Store untuk ChromeOS berangsur-angsur akan tersedia untuk ChromeOS 53.0.2785.129. ChromeOS versi stabil terkini tersebut diluncurkan pada tanggal 21 September. 

Komputer jinjing berbasis ChromeOS pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 lalu. ChromeOS dirancang sebagai sistem operasi yang menjalankan aplikasi web dan aplikasi yang menggunakan teknologi web. Untuk menambah aplikasi yang tersedia,  sejak tahun 2014 Google mulai menjajaki integrasi aplikasi Android untuk ChromeOS.

Pada bulan Mei 2016  Google mengumumkan rencananya untuk mulai memperkenalkan Google Play Store untuk beberapa model Chromebook yang menjalankan ChromeOS versi pengembang.

Pada ChromeOS versi pengembang,  Google Play Store juga tersedia untuk Google Chromebook Pixel, selain dua model Chromebook dari Asus dan Acer yang disebut di atas. Belasan model Chromebook lain rencananya baru menyusul kemudian pada akhir tahun 2016 dan 2017.

Meskipun sudah terintegrasi dengan versi stabil ChromeOS, Google masih menganggap Google Play Store untuk ChromeOS ini masih dalam tahap beta. Karena itu pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini sebelum dapat mengakses ratusan ribu aplikasi yang sebelumnya tersedia untuk Android.

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...