SMARTPHONE: Huawei Luncurkan Mate, Harga US$732

Perusahaan teknologi China Huawei meluncurkan smartphone baru pada Rabu (2/9/2015), membidik target tinggi dari pasar, yang didominasi oleh Apple dan Samsung Electronics.
Martin Sihombing | 02 September 2015 21:19 WIB
Perusahaan teknologi China Huawei meluncurkan smartphone baru pada Rabu (2/9/2015), membidik target tinggi dari pasar, yang didominasi oleh Apple dan Samsung Electronics. - REUTERS

Bisnis.com, BERLIN - Perusahaan teknologi China Huawei  meluncurkan smartphone baru pada Rabu (2/9/2015), membidik target tinggi  dari pasar, yang didominasi oleh Apple dan Samsung Electronics.

Mate S, diluncurkan di sela-sela acara elektronik konsumen terbesar di Eropa, IFA, di Berlin, memiliki layar 5,5 inci, kamera belakang 13 mega pixel dan keamanan sidik jari. Huawei mengatakan itu adalah salah satu smartphone pertama yang menyertakan layar Force Touch, yang dapat membedakan antara tap ringan dan tekan dalam, memungkinkan akses ke fungsi lebih hanya dengan menekan lebih keras.

PENGUASA PANGSA PASAR

ProdukPangsa Pasar
Samsung21,9%
Apple14,6%
Share Huawei7,8%

Apple juga diharapkan untuk memperkenalkan iPhone yang menampilkan teknologi Force Touch minggu depan.

Huawei menjadi perusahaan smartphone terbesar ketiga di dunia dengan penjualan bulan lalu, menurut perusahaan riset Gartner, menyalip saingan asal China Lenovo, dan bertujuan untuk menjadi perusahaan China pertama yang menjual lebih dari 100 juta smartphone tahun ini.

Tapi itu masih jauh di belakang Samsung, yang memiliki 21,9%  pasar pada kuartal kedua, dan Apple, pada 14,6%. Share Huawei naik menjadi 7,8%  dari 5,4%  pada kuartal pertama.

Mate S ponsel Huawei akan dijual eceran  € 649 (US$732) -  sedkit  lebih tinggi-dari  model akhir iPhone Apple seri 6 - dengan versi premium untuk € 748, kata perusahaan China.

Bagian atas pasar smartphone adalah lingkungan yang keras, seperti yang telah dialami Samsung. Sementara itu,  pembuat tetap smartphone terbesar dunia, Apple menuai sebagian besar manfaat. Perusahaan AS diperkirakan oleh beberapa analis untuk mendapatkan 90%  atau lebih dari keuntungan industri.

Margin divisi mobile Samsung turun menjadi 10,6%  pada kuartal kedua, dari 15,5%  tahun sebelumnya, meskipun peluncuran April  diakui kritis berbagai Galaxy S6 nya.

Huawei berakar pada gigi peralatan telekomunikasi dengan bersaing  seperti dengan Ericsson dan Nokia, tetapi telah banyak berinvestasi dalam perangkat konsumen dalam beberapa tahun terakhir.

 Mate S akan tersedia di lebih dari 30 negara termasuk China, Jerman, Israel, Jepang, Prancis, Jerman dan Spanyol dan dapat pra-perkenalan  di Eropa Barat dimulai 15 September. 

Sumber : REUTERS

Tag : huawei
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top