APLIKASI ANDROID: Gaya Baca Berita Masa Kini

Ada banyak cara untuk mendapatkan berita terbaru di peranti Android. Alat pembaca berita ini mungkin sudah dipasang sebagai aplikasi bawaan, tetapi ada pula yang harus Anda instal terlebih dahulu lewat Google Play Store.
Gombang Nan Cengka | 10 Januari 2015 13:10 WIB
Pocket cocok bagi Anda yang gemar membaca di komputer tablet. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak cara untuk mendapatkan berita terbaru di peranti Android. Alat pembaca berita ini mungkin sudah dipasang sebagai aplikasi bawaan, tetapi ada pula yang harus Anda  instal  terlebih dahulu lewat Google Play Store.

Aplikasi yang Anda butuhkan memang sangat tergantung dari kebiasaan membaca Anda. Ada sebagian orang yang sudah terpuaskan mendapat pasokan berita hanya dari media sosial. Ada juga yang memerlukan aplikasi khusus sehingga dapat memantau berita terbaru dengan lebih serius. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menikmati berita di peranti Android Anda.

TWITTER

Media sosial pada saat ini tidak hanya berguna sebagai sarana untuk menjalin perkawanan, tetapi juga sebagai sarana memperoleh dan berbagi berita. Dibandingkan dengan media sosial lainnya, Twitter masih yang paling unggul untuk mendapatkan berita terbaru, terutama karena kemudahan berbagi dan kecepatannya. Namun, dengan karakter terbatas, Twitter hanya efektif bagi berita-berita pendek.

Twitter juga bisa menjadi sumber bagi pembaca berita lain, seperti Flipboard dan Paper.li. Kedua aplikasi/layanan ini bisa mengambil URL di Twitter, dan kemudian menayangkan isi berita atau cuplikannya dengan tampilan yang lebih sesuai untuk format majalah elektronik.

GOOGLE NOW

Aplikasi ini lebih sering dipromosikan sebagai asisten pribadi. Namun, aplikasi ini juga bisa menampilkan judul berita terbaru yang—menurut Google—sesuai dengan minat Anda. Kriteria pemilihannya beragam: Google bisa menampilkan berita yang sesuai dengan topik pencarian yang pernah Anda lakukan, update  terbaru dari  blog  atau situs berita yang pernah Anda kunjungi, atau berita yang populer di kalangan pembaca situs berita kegemaran Anda.

Agar tebakan ini akurat, Anda harus merelakan kebiasaan berselancar Anda dipantau oleh Google. Namun, Anda juga bisa menentukan topik yang harus di-update lewat Google Search. Sebagai contoh, bila Anda mengetikkan kata kunci “Joko Widodo” di mesin pencari tersebut, Anda akan ditawarkan untuk mendapatkan update  lewat Google Now.

Tentunya kata kunci ini bisa diganti sesuai dengan keinginan.

APLIKASI SITUS BERITA

Berbagai situs berita terkemuka di Indonesia—termasuk Bisnis Indonesia—dan di luar negeri rata-rata kini sudah memiliki aplikasi sendiri. Ini memungkinkan pemilik ponsel tidak perlu lagi membuka  browser terlebih dahulu untuk membaca berita. Berita sudah langsung ditampilkan dari aplikasi ponsel.

Aplikasi khusus seperti ini memungkinkan pengembang situs berita menambahkan fitur yang agak sulit ditemukan di versi web, seperti notifikasi berita terbaru atau konten multimedia.

Aplikasi khusus juga memudahkan fitur berlangganan dan akses konten berbayar. Beberapa jenis konten mungkin hanya bisa diakses oleh pelanggan lewat aplikasi khusus. Bila media favorit Anda menyediakan aplikasi khusus, tidak ada salahnya mencoba.

GOOGLE PLAY NEWSSTAND

Google Play Newsstand cocok bila Anda ingin membaca berita dalam format
majalah. Google menyediakan berbagai sumber berita dari dalam dan luar
negeri, dengan tata letak yang menarik.

Sayangnya agak susah menambahkan sendiri sumber berita dari kanal RSS, dan Anda harus puas dengan pilihan yang disediakan Google.

Untungnya pilihan sumber berita yang tersedia masih terus ditambah. Beberapa di antaranya berbayar. Bisnis Indonesia termasuk salah satu media yang menjadi sumber berita di Google Play Newsstand.

Anda bisa memilih sumber berita berdasarkan topik, seperti seni, hiburan, teknologi, gaya hidup, politik, dan lain-lain.Aplikasi ini bukan satu-satunya  aplikasi berita dari Google. Google News and Weather memiliki fungsi yang mirip.

Aplikasi Android ini merupakan versi mobile dari situs Google News ( http://news.google.com ). Dibandingkan dengan Play Newsstand, tampilan Google News and Weather ini tidak terlalu menarik.

FLIPBOARD

Seperti juga Google Play Newsstand, Flipboard menampilkan berita dalam format majalah. Sumber beritanya beragam. Anda bisa memasukkan akun Twitter, Facebook, atau akun media sosial lainnya, seperti Google Plus dan LinkedIn. Dan, Flipboard akan memperhitungkan berita yang dibagi di sana untuk memilih berita yang akan ditampilkan. Aplikasi ini juga menampilkan berbagai berita yang dipilih secara manual oleh staf.

Flipboard juga memiliki fitur sosial. Anda bisa mengikuti pengguna Flipboard lain, dan menyimak berita yang dipilihkan oleh teman Anda.

FEEDLY

Agregator RSS (RSS news reader) masih menjadi metode terbaik untuk mengikuti berita, terutama bila jumlah situs berita yang Anda langgani mencapai puluhan, atau bahkan ratusan. Bagi Anda yang tidak percaya pada pemilihan oleh mesin seperti yang dilakukan oleh Flipboard, Feedly adalah salah satu aplikasi agregator RSS yang tersedia untuk Android.

Pengelolaan kanal berita di Feedly sendiri lebih nyaman dilakukan lewat aplikasi  web ( desktop), tetapi untuk membaca berita tampilan versi mobile, aplikasi ini cukup bersaing dengan aplikasi seperti Flipboard atau Google Play Newsstand.

POCKET

Kebanyakan berita online  berukuran pendek, karena pembaca biasanya ingin menyantapnya dengan cepat. Namun, tak jarang Anda menemukan beberapa tulisan panjang yang ingin Anda baca di waktu yang lebih luang. Tulisan seperti ini biasanya tidak cocok dengan format mobile web.

Pocket adalah aplikasi yang dirancang untuk menyederhanakan tampilan web, dan mengolahnya agar lebih enak dibaca.

Berita yang Anda temukan di laman  web dapat disimpan di Pocket. Aplikasi  ini terintegrasi dengan baik dengan browser di Android, tetapi Anda mungkin ingin memasang ekstensi khusus untuk browser desktop.

Pocket cocok bagi Anda yang gemar membaca di komputer tablet. 

Sumber : Bisnis Indonesia, Sabtu (10/1/2015)

Tag : aplikasi android
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top